Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Pepes Tahu Kaki Jamur

Pepes adalah suatu cara tradisional khas nusantara (terutama di daerah Sunda) dalam mengolah bahan makanan yang biasanya berupa ikan, dengan menggunakan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Bungkusan dengan daun pisang tersebut kemudian disemat dengan 2 buah bambu kecil atau lidi di setiap ujungnya dan kemudian dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai matang dan mengering.

Pepes tahu kaki jamur ini merupakan pepes sunda ala vegetarian, sebagai variasi dan kreasi dari pepes sunda yang sudah lazim dikenal, sehingga tetap bisa dinikmati oleh kalangan vegetarian. Jenis jamur yang dipakai adalah jamur hioko/shitake. Pepes tahu kaki jamur ini semakin menambah variasi dan koleksi makanan/masakan vegetarian khas nusantara.

PEPES TAHU KAKI JAMUR BAHAN :
1 buah tahu putih (ukuran besar)
1 butir telur
1/4 buah parutan kelapa
1/2 ons kaki jamur (hioko atau shitake)
1 ikat daun kemangi
2 lembar panjang daun pisang
Minyak goreng secukupnya

BUMBU HALUS :
2 buah cabe merah besar
5 butir kemiri
1 cm kunyit
1 cm jahe
1 ruas jari lengkuas
Garam, gula, lada, penyedap rasa secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Seduh kaki jamur dengan air panas sampai mengembang. Cuci bersih, peras, dan tumbuk sebentar, lalu campurkan 1 butir telur, aduk rata, dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, tumis kaki jamur dengan 2 sdm minyak goreng sampai wangi dan lunak, angkat.
2. Haluskan tahu putih dan campurkan dengan bumbu yang telah dihaluskan, masukkan parutan kelapa dan kaki jamur, aduk rata. Terakhir masukkan daun kemangi.
3. Siapkan daun pisang ukuran panjang 15 cm sebanyak 2 lapis, isi dengan 2 sdm adonan pepes. Bungkus dan sematkan lidi di masing-masing ujungnya.
4. Kukus pepes selama 20 menit. Angkat, kemudian panggang sebentara di dalam wajan tanpa minyak. Sajikan pepes tahu kaki jamur ini dengan nasi putih dan sambal cabe.

NB : Bisa juga ditambahkan bawang merah dan bawang putih dalam bumbu halus sesuai selera.
0 komentar untuk "Pepes Tahu Kaki Jamur"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Iklan