Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Acar Mentimun Wortel Segar

Acar yang berisi potongan mentimun dan wortel segar, irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit atau cabai merah dengan rendaman cuka dan air ini tidak hanya memberi rasa segar, namun juga menggugah selera makan. Selain itu, acar mentimun wortel segar juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Manfaat acar mentimun wortel segar yang utama adalah bisa mencegah sembelit karena acar merupakan salah satu jenis olahan makanan yang bisa dijadikan obat sembelit alami.

Hal ini dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi pada mentimun yang digunakan untuk bahan acar tersebut. Murah, mudah membuatnya, dan bermanfaat bagi kesehatan.

ACAR MENTIMUN WORTEL SEGAR
BAHAN :
1 kg mentimun segar
2 buah wortel, bersihkan, kupas kulitnya
3 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai merah, iris tipis
1 sdt garam halus
2 sdm cuka makan
3 sdm gula pasir


CARA MEMBUAT :
1. Cuci bersih mentimun, potong dan buang bagian ujungnya yang gelap karena rasanya pahit. Potong mentimun dengan bentuk mirip batang korek api, tetapi agak sedikit lebih besar. Sisihkan.
2. Potong wortel dengan bentuk sama seperti mentimun. Lakukan hingga semua wortel habis. Sisihkan.
3. Campurkan potongan mentimun, wortel, irisan bawang merah, putih, dan cabai merah ke dalam wadah. Aduk-aduk agar semua bahan bisa tercampur secara merata. Kemudian tambahkan cuka, gula, dan garam. Aduk-aduk lagi agar semua bahan tercampur secara merata. Pastikan gula dan garam terlarut secara sempurna bersama dengan mentimun tersebut.
4. Simpan dalam kulkas selama 1/2 jam atau lebih sebelum dikonsumsi.

NB : * Jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, pastikan Anda memasukkannya ke dalam stoples kedap udara lalu simpan di dalam kulkas. Dalam kondisi tersebut, acar mampu bertahan hingga seminggu lamanya.

* Cabai merah bisa digantikan dengan cabai rawit sesuai selera.
0 komentar untuk "Acar Mentimun Wortel Segar"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !