Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Pempek Kapal Selam Vegetarian

Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas nusantara yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Jenis atau variasi pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, yang dibuat dari telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas.

Diberi nama kapal selam dikarenakan bentuknya yang menyerupai kapal selam. Umumnya, bahan utama untuk membuat pempek ini adalah daging ikan, dan untuk pempek kapal selam vegetarian ini, penggunaan daging ikan ditiadakan.

Ciri khas pempek adalah penyajiannya yang selalu disertai dengan kuah atau saus berwarna hitam kecokelatan yang disebut kuah cuka.

PEMPEK KAPAL SELAM VEGETARIAN
BAHAN :
150 gr tepung terigu
300 gr tepung sagu
7 butir telur
1 buah ketimun
50 gr mi kuning
Garam, penyedap rasa, secukupnya

KUAH CUKA :
100 gr gula merah
4 gelas air
Cuka secukupnya
Garam, lada, secukupnya
1 buah jeruk nipis
1 sdm air asam jawa
50 gr cabai rawit hijau, blender halus

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Kuah Cuka : Rebus gula merah dengan air sampai mendidih dan gula larut, saring. Masukkan cabai rawit hijau, cuka, garam, lada, jeruk nipis, dan air asam jawa, didihkan lagi, angkat.
2. Untuk Pempek Kapal Selam : Campurkan terigu, garam, dan penyedap rasa, aduk rata, seduh dengan air mendidih secukupnya hingga kental (tidak terlalu encer dan juga tidak kering), kemudian masukkan 1 butir telur, dan aduk rata.
3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, ratakan, sisakan sedikit sagu untuk membentuk.
4. Setelah adonan tercampur rata, bagi menjadi 6 bagian, bentuk menjadi bulatan lonjong dan buat lubang di tengahnya, tipiskan ujung-ujungnya (tapi jangan terlalu tipis karena bisa pecah). Isi dengan 1 butir relur dan tutup ujung-ujungnya pelan-pelan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
5. Didihkan air dalam panci, masukkan empek-empek mentah ke dalamnya dan rebus sampai matang.
6. Sajikan segera dengan kuah cuka, mi kuning, dan irisan ketimun.
0 komentar untuk "Pempek Kapal Selam Vegetarian"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Iklan