Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Nasi Ulam

Nasi ulam merupakan hidangan nasi tradisional nusantara yang dapat ditemukan dalam khazanah kuliner khas Melayu (baik di Sumatera dan Malaysia),Betawi, dan juga Bali. Kata "ulam" sendiri berarti daun-daunan mentah (yang muda) yang dimakan bersama-sama dengan nasi atau lalap.

Nasi ulam adalah nasi yang dibuat dengan campuran berbagai bumbu dan rempah, kemudian dihidangkan dengan bahan pelengkap berupa telur dadar dan sayuran seperti daun kemangi dan mentimun. Namun setiap daerah dan suku yang berbeda tersebut tentunya memiliki variasi nasi ulamnya masing-masing.

NASI
BAHAN :
500 gr beras putih
750 ml santan encer
250 ml santan kental
4 lembar daun pandan
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas
1 sdt garam
Penyedap rasa secukupnya

BAHAN PELENGKAP :
Telur dadar, bawang goreng, daun kemangi, dan mentimun

CARA MEMBUAT :
1. Cuci bersih beras dan tiriskan.
2. Didihkan santan encer bersama daun pandan, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Setelah mendidih, masukkan beras, garam, dan penyedap rasa, masak hingga seluruh air terserap beras dan menjadi nasi setengah matang, angkat.
3. Kukus nasi hingga matang, angkat.
4. Sajikan nasi ulam panas bersama telur dadar, bawang goreng, daun kemangi dan mentimun.

Tips : Jika membuat santan sendiri, kupas bersih kulit ari kelapa sebelum diparut dan diambil santan, agar warna nasi lebih bersih. Gunakan jenis beras yang pera (tidak lengket, keras, dan mudah terpisah-pisah) untuk nasi ulam.
0 komentar untuk "Nasi Ulam"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Iklan