Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Rendang Vegetarian

Rendang merupakan salah satu masakan nusantara Indonesia yang paling populer karena rasanya yang enak penuh bumbu dan rempah-rempah sehingga disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.

Rendang merupakan masakan tradisional khas dari daerah Sumatera Barat, yang bisa kita temukan dengan mudahnya di berbagai rumah makan/restoran khas Padang atau Minang-Melayu di seluruh dunia.

Bahan utama untuk rendang umumnya menggunakan berbagai macam daging hewani. Untuk pembuatan kreasi rendang vegetarian ini, bahan utama dari daging hewani diganti dengan bahan nabati berupa kaki jamur, terutama dari jenis jamur hioko (shitake). Rendang vegetarian dengan bahan utama dari kaki jamur hioko ini selain lebih sehat, ekonomis, dan bernilai gizi tinggi, ternyata memiliki cita rasa yang tidak kalah enaknya dibandingkan dengan rendang yang menggunakan bahan daging hewani.

RENDANG
BAHAN RENDANG VEGETARIAN :
250 gr kaki jamur hioko (shitake)
1 1/2 ons susu bubuk
5 butir telur
3 cm jahe, dihaluskan
3 cm kunyit, dihaluskan
5 cm lengkuas, dihaluskan
1 sdm ketumbar, dihaluskan
4 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
3 sdm cabe giling
250 ml santan
Penyedap rasa secukupnya (bisa juga diganti dengan gula pasir)
Garam dan merica secukupnya

CARA MEMBUAT RENDANG VEGETARIAN :
1. Untuk daging rendang : kaki jamur direndam selama satu malam, kemudian diperas dan ditumbuk. Masukkan susu bubuk, telur, garam dan penyedap rasa, aduk rata. Kemudian dibentuk bulat-bulat, kukus sampai matang dan goreng sampai kecoklatan, angkat.
2. Masak santan dengan bumbu yang dihaluskan, cabe giling, daun jeruk, daun kunyit, merica, garam, dan penyedap rasa sampai mengental. Masukkan daging rendang dan masak kembali rendang di atas api kecil sampai berminyak dan kehitaman, angkat dan sajikan.

Untuk : 10 porsi
0 komentar untuk "Rendang Vegetarian"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !