Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Martabak Telur Vegetarian

Martabak termasuk makanan khas nusantara. Di Indonesia dikenal dua jenis martabak, martabak manis yakni kue terang bulan dan martabak asin. Martabak telur ini termasuk ke dalam jenis martabak asin yang terbuat dari campuran telur dan daging. Untuk hidangan vegetarian, bahan daging digantikan dengan kentang dan kaki jamur.

MARTABAK TELUR VEGETARIAN
BAHAN KULIT :
250 gr tepung terigu
1,5 gelas air matang
Garam, penyedap rasa secukupnya
1/2 gelas minyak goreng

BAHAN ISI :
2 buah kentang ukuran sedang
1 batang wortel
2 butir telur
50 gr kaki jamur, peras, dan suwir tipis
1 batang seledri, iris tipis
Minyak goreng secukupnya
Garam, lada, gula, dan penyedap rasa secukupnya

BAHAN PENYAJIAN :
Kuah cuka secukupnya
Irisan ketimun secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Kulit : Campur tepung terigu dengan air, garam, dan penyedap rasa, aduk rata, dan uleni sampai tidak lengket di tangan. Buat bulatan sedang dari antara ibu jari dan telunjuk, celupkan dalam wadah berisi minyak goreng dan tutup dengan serbet basah selama 1 jam.
2. Untuk Isi : Rebus kentang sampai lunak sekali, potong kotak ukuran 1x1 cm. Panaskan 3 sdm minyak, goreng telur, masukkan kaki jamur, aduk-aduk, kemudian masukkan wortel dan kentang rebus, masak sampai matang. Masukkan irisan seledri, aduk sebentar, angkat, dan dinginkan.
3. Siapkan meja bersih dengan permukaan licin, olesi dengan sedikit minyak goreng. Letakkan 1 buah bulatan kulit, gepengkan dan lebarkan ujung-ujungnya (diameter 6 cm), isi bagian tengahnya dengan 2 sdm bahan isi, tutup ujungnya membentuk segi empat (6x6 cm). Kemudian goreng dalam minyak panas dan banyak sampai matang dan berwarnya kuning kecokelatan, angkat.
4. Nikmati martabak telur dengan kuah cuka dan irisan ketimun.

Untuk : 12 buah

NB : Kuah cuka sama dengan kuah cuka pada resep pempek.
1 komentar untuk "Martabak Telur Vegetarian"

50 gr kaki jamur, jamur yang gimana ya bun?

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !